Senin, 11 Februari 2013

Contoh Proposal Pentas Seni Sekolah

Contoh Proposal Pentas Seni Sekolah

A. Latar Belakang
Masa muda adalah masa yang sarat dengan daya imajinasi, masa yang sarat dengan daya kreasi, dan masa yang penuh semangat untuk berbuat seni. Untuk mencapai semua itu semangat saja tentu tidak cukup melainkan kepekaan rasa, kecerdasan intelektual dan pengalaman menjadi penentu. Kreativitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni diluar sekolah. Menjawab semua persoalan tersebut kiranya, siswa perlu diberikan laluan seperti ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Di samping itu juga untuk mempererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme yang tinggi di dalam sanubari pelajar. Yang pada gilirannya, pembinaan dan pengembangan bakat merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar. Tanpa kesadaran kegotongroyongan semua unsur, sulit untuk mengembangkan bangsa ini, bahkan hanya sekedar untuk mempertahankan.
B. Nama atau Tajuk Kegiatan
Rencana atau program kerja kebudayaan ini diberi tajuk “PENTAS SENI PELAJAR 2011” yang merupakan usaha mewujudkan serta pengembangan konsep dari berbagai kegiatan dan pertunjukan yang diadakan di wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan. Semua kegiatan tersebut belum ada titik temu untuk berkompetisi dalam satu wadah. Maka, dengan kegiatan “PENTAS SENI PELAJAR 2011” ini mungkin bisa membuka takbir untuk kegiatan sejenis dan lainnya antar pelajar di provinsi DKI Jakarta ini, bahkan tidak mungkin ini akan menjadi cikal bakal untuk di adakan secara Nasional.
C. Tema Kegiatan
Adapun tema kegiatan Pentas Seni Pelajar 2011 SMA Senang Jakarta Selatan ini adalah Always Keep The Faith” (Selalu menjaga kepercayaan). Artinya setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat untuk selalu percaya bahwa menghargai kemajemukan dan membekali mereka dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia. Disamping itu kegiatan ini akan bisa menjadi sebuah jembatan yang akan bermuara dengan lahirnya ide dan gagasan-gagasan yang genius tentunya. Lebih jauh kegiatan PENTAS SENI PELAJAR 2011 ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan dan saling kenal satu sama lainnya di antara pelajar.
D. Maksud dan Tujuan
Pasar Seni pelajar 2 ini memiliki maksud dan tujuan, yakni sebagai berikut :
1. Menjadikan ajang kreativitas bagi pelajar sebagai salah satu mata rantai pergaulan kehidupan yang berbudaya dalam berbagai perspektif dan visi pendidikan secara umum.
2. Menciptakan hubungan kerjasama dikalangan pelajar secara individual maupun antar sekolah yang ada di bagian provinsi di DKI Jakarta ini.
3. Dengan realisasi dari Pentas Seni Pelajar 2011 kita mengharapkan pula suatu pengembangan dalam bentuk berbagai kerja budaya lainnya, yang bisa diwujudkan kepada bidang-bidang kreativitas lainnya seperti Forum Teater Pelajar, Forum kerja OSIS dan lainnya, yang mungkin akan menjadi acara tahunan bagi pelajar provinsi DKI Jakarta.
E. Materi Kegiatan
Pentas Seni Pelajar 2011 akan menyajikan berbagai khasanah dan bentuk ekspresi kesenian, antara lain:
1. Lomba menulis CERPEN, PUISI dan ARTIKEL antar pelajar yang akan diikuti pelajar dari seluruh Provinsi DKI Jakarta. (15 cerpen dan 15 puisi terbaik akan dibukukan (dicetak) untuk memperkaya bahan bacaan di perpustakaan sekolah-sekolah.
2. Festival BAND antar pelajar yang akan di ikuti pelajar dari seluruh wilayah Jakarta Selatan.
3. Festival MODERN DANCE yang diikuti dari pelajar SMA di seluruh wilayah Jakarta Selatan.
4. Festival MISS PSP 2011 di ikuti pelajar SMA dari seluruh wilayah Jakarta Selatan.
F. Waktu Pelaksanaan
Pentas Seni Pelajar 2011 di selenggarakan selama 1 minggu dari tanggal 13 – 18 Juni 2011.
G. Tempat Pelaksanaan
Pentas Seni Pelajar 2011 di selenggarakan di gedung SMA Senang Jakarta Selatan :
1. Ruang audio visual SMA Senang untuk lomba Fashion dan Modern Dance.
2. Lapangan SMA Senang untuk Festival Band dan Malam Penutupan Pentas Seni Pelajar 2011.
H. Penyelenggara Kegiatan
Pentas Seni Pelajar 2011 diselenggarakan oleh OSIS SMA Senang Jakarta Selatan.
I. Alamat Penyelenggara
Pentas Seni Pelajar 2011 beralamat pada sekretariat panitia :
SMA Senang Jakarta Selatan
KELURAHAN KEMANG TIMUR LAMA KECAMATAN KEMANG
TELEPON : 0812 773 7362 – (021) 723 7477 — 702 6160
J. Sekilas Tentang SMA Senang Jakarta Selatan
Kehadiran SMA Senang Jakarta Selatan ditengah derap pembangunan ini, tidak hanya sekedar tampil dalam peran etalase pendidikan saja. 30 tahun sudah perjalanan SMA Senang Jakarta Selatan, telah beberapa kali mengukir prestasi baik Kesenian maupun olah raga. Prestasi itupun beragam mulai dari Kecamatan, tingkat provinsi DKI Jakarta, dan bahkan Nasional. Melihat potensi yang dimiliki oleh siswa/I ini, maka pihak sekolah dan komite sekolah yang merupakan patner dalam memajukan pendidikan memberikan laluan kepada siswa/I (OSIS) SMA Senang Jakarta Selatan dalam menelorkan gagasan-gagasan maupun inovasi dan daya kreasi mereka selalu mendapatkan tempat, sehingga dari beberapa kali kegiatan bisa berjalan dengan baik.
Seperti pagelaran sekolah, bahkan OSIS SMA Senang Jakarta Selatan baru saja menyelenggarakan kegiatan Seminar Remaja dengan Tema MANAJEMEN CINTA DALAM PERSFEKTIF ISLAM yang diadakan di Gedung Dinas Pendidikan Kota DKI Jakarta baru-baru ini, yang diikuti oleh pelajar SMP/SMA se kota Jakarta Selatan. Puji Tuhan, berkat kerjasama pihak kegiatan ini berhasil dengan baik.
Bahkan kegiatan spetakuler yang baru saja di adakan oleh SMA Senang Jakarta Selatan dengan tajuk Pentas Seni Pelajar 2010 se-Provinsi DKI Jakarta mendapat sambutan dari para pelajar-pelajar yang ada di seluruh provinsi DKI Jakarta ini. Pentas Seni Pelajar 2011 merupakan tindak lanjut dari kesuksesan acara yang pertama. Mudah-mudahan saja kegiatan Pentas Seni Pelajar 2011 ini akan mendapat tempat di hati pelajar yang ada di seluruh wilayah provinsi DKI Jakarta.
K. Penutup
Demikianlah berbagai uraian pemikiran, visi dan sejumlah konsep yang kami himpun dari berbagai kalangan, serta lapisan pemerhati pendidikan dan budaya yang semuanya berujung kepada suatu usaha untuk meraih dan mewujudkan cita-cita dan harapan serta seluruh impian kita tentang suatu kehidupan kebudayaan dan kemasyarakatan yang besifat ke-Indonesia-an. Pentas Seni Pelajar 2011 ini akan diikuti oleh pelajar-pelajar dari provinsi DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Selatan yang akan kami selenggarakan ini adalah salah satu jalan kearah itu. Semuanya membutuhkan berbagai uluran tangan sebagai realisasi dari kontribusi serta perhatian secara moril maupun material dari berbagai pihak.
Jakarta, 2 November 2010
Pimpinan Produksi Sekretaris
Dewa Saharja Tri Setiasna
Menyetujui PenanggungJawab Kegiatan
Kepala SMA Senang Jakarta Selatan Waka Kesiswaan
Drs. Sutrisna Dedi Wijaya S.Pd
Nip. 131 910 228 Nip. 420 015 107

Tidak ada komentar:

Posting Komentar