Senin, 11 Februari 2013

CARA MENDAFTAR AKPOL,AKMIL

CARA MENDAFTAR AKPOL,AKMIL

Musim kelulusan sekolah sudah  tiba, khususnya kelulusan SLTA, bingung setelah lulus mau melanjutkan kemana menggelayuti hampir setengah lulusan SLTA, untuk anak yang orang tuanya mampu tidak akan jadi masalah, tinggal pilih saja mau kuliah di mana, tapi untuk anak yang orang tua nya biasa-biasa saja bagaimana? hasarat hati ingin kuliah tapi biaya kuliah mahal, akhirnya cukup dengan ijazah SLTA mengadu nasib mencari kerja tanpa punya ketrampilan apa-apa, akhitnya terdampar kerja jadi buruh di Pabrik atau jadi pelayan toko (jadi ingat masa-masa lulus SLTA dulu ).Tapi cita-cita pantang surut pasti ada jalan keluar, ternyata memang ada lho, ya cari sekolah yang gratis bahkan setelah lulus langsung kerja, enak kan, apa itu, cari sekolah yang bersifat kedinasan misal : AKMIL,AKPOL, STPDN, AIP,SECABA dll tapi nggak gampang butuh perjuangan ( Wajar semua butuh itu )ada pertanyaan Pak daftar sekolah tersebut kah butuh koneksi dan uang utk sogokan, hilangkan pikiran tersebut dari otak kamu, itu hanya melemahkan diri saja, yakinkan diri, kamu sudah punya koneksi yang sangat kuat yaitu ALLAH, disamping itu persiapkan diri secara maksimal karena persaingan di mulai yang terbaiklah yang akan menang.
Persiapan diri apa itu ? saya menyebutnya 5 Bidang Kecakapan, kalau kamu punya semua itu Inya Allah tidak ada manusia pun yang berani menjegal langkah kamu, 5 bidang Kecakapan tersebut adalah :
1. Kecakapan Berdoa
Luruskan Niat kamu mendaftar sekolah tersebut lantaran Apa, Rajin-rajinlah minta sama ALLAH nggak usah malu dalam setiap waktu dan kesempatan, kalau dulu malas-malasan mulailah dari sekarang, walaupun  sebenarnya jika kamu tidak meminta pun Allah pasti memberi, tapi kalau kamu sering meminta sambil berjalan Pasti Allah akan memberi sambil berlari, tidak percaya tanya saja Ustad kamu.
2. Kecakapan Kesehatan
Apakah kamu punya yang ini ? maksudnya kesehatan kamu harus prima, karena nanti yang di cek adalah mulai dari kesehatan luar sampai dalam, misal : mata tidak min,plus,silinder,buta warna, THT bagus, kaki tdak Varises, bagian Internis, darah, air seni,jantung, paru-paru ok.Tapi rata-rata umur 20 an semuanya masih ok, kalau nggak yakin cek ke adokter, kecuali kalau dulu SLTA kamu pergaualannya aneh-aneh misal Narkoba No Way, saat tes pasti akan ketahuan.
3. Kecakapan Jasmani
Beruntunglah jika kamu sejak awal hobby berolah raga, misal lari/jogging, bola,volly,berenang dll karena secara tidak sadar kamu telah membina kekuatan tubuh, kalu tidak suka olah raga mulailah dari sekarang. Karena yang akan di TES adalah lari selama 12 menit, Pull Ups, Sit Ups, Push Ups,Suttle Runs dan berenang, saya garis bawahi berenang biasanya yang jadi masalah, oleh karena itu bagi yang belum bisa berenang,  belajarlah, dari pada nanti malu pada saat tes nanti.
4. Kecakapan Akademik
Ini juga menentukan, karena kalau dari awal Nilai kamu jeblok Danem kamu di bawah penerimaan nilai terendah kamu sudah gagal di bagian administrasi, untuk tes nya meliputi Pengetahuan umum, matematika, Bahasa Inggris, Fisika dll, semua materi-materi SLTA, Pokoknya kalau waktu SLTA kamu nggak suka bolos, tukang ijin pasti bisa ngerjakan semua soal.
5. Kecakapan Mental
Kecakapan yang wajib kamu punya, karena sekolah tersebut membutuhkan orang-orang yang bermental baik dan kuat tidak cengeng, yang di tes antara lain Psikologi, Kesehatan Jiwa, Mental Ideologi, dan wawancara. Bagi yang belum pernah, tes apa itu, tenang tes ini tentang diri kamu jadi kamu nggak bisa bohong, semuanya akan terbaca kamu cocok apa tidak sekolah tersebut, tips untuk tes ini sebelum hari tes kamu harus rilek, santai jangan banyak pikiran,hobby memancing, berkebun, memelihara hewan, baik untuk orang yang akan melaksanakan tes ini. Kecuali tes Mentai Ideologi kamu menjawab jangan aneh-aneh. Mengikuti Konsul/konseling Psikologi di sarankan sehingga kamu tahu dan dapat memperbaiki diri.
Bagaimana berat ya, bagaimana kita menyikapi saja, kalau kamu bilang berat ya berat jadinya, kalau ringan ya ringan jadinya, Tips di atas sudah terbukti sayalah buktinya ( Narsis kali ) nggak apa-apa kalau itu demi kebaikan. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar